Transfer Pemain Termahal Dunia Sepanjang Masa

transfer pemain termahal dunia

Transfer pemain termahal dunia sepak bola adalah suatu data penting yang ingin diketahui oleh para pemilik klub, para pemain maupun para penggemar sepak bola itu sendiri. Transfer pemain biasanya terjadi pada saat satu musim sepak bola berakhir atau saat jeda kompetisi karena datangnya musim dingin.

Pengertian transfer pemain sendiri adalah suatu peminangan pemain sepak bola yang saat dipinang masih diikat kontrak dengan klub lain, sehingga klub baru harus membayar sejumlah dana untuk klub lama guna mendapatkan pemain yang diinginkannya. Bisa saja transfer pemain bernilai gratis yang terjadi bila masa kontrak pemain sudah selesai dan klub asal tidak mau melanjutkan jasa pemain tersebut dalam klubnya. Sepanjang sejarah, inilah lima pemain yang memiliki nilai transfer termahal sepanjang masa:

1. Neymar

Pemain asal Brazil diboyong dari klub lamanya FC Barcelona, Spanyol oleh klub yang membayar transfer pemain termahal dunia sepanjang masa Paris Saints Germain. Transfer termahal ini terjadi pada tahun 2017. Nilainya adalah 198 juta poundsterling atau apabila dirupiahkan angkanya adalah 3.989.134.285.700 atau 3,9 triliun jika memakai kurs 1 poundsterling sama dengan Rp. 20.147. Tentunya ini adalah nilai yang sangat fantastis bagi Indonesia maupun dunia. Konon Neymar mau pindah ke Paris karena di klub lamanya dia hanya menjadi bayangan dari bintang Barcelona Lionel Messi. Namun setelah itu, Neymar malah ingin kembali ke FC Barcelona.

2. Kylian Mbappe

Transfer pemain termahal dunia yang kedua adalah transfer bintang kejuaraan piala dunia Kylian Mbappe dari klub lamanya (AS) Monaco. Lagi-lagi yang berani membayar angka transfer pemain fantastis adalah Paris Saint Germain (PSG). Nampaknya mustahil setelah klub sepak bola asal kota Paris tersebut sudah menggelontorkan 198 juta poundsterling untuk mendatangkan Neymar. Paris Saint Germain bahkan harus melawan klub sepakbola terkemuka Spanyol yaitu Real Madrid. Namun Kylian Mbappe memilih PSG yang memberi jaminan padanya untuk selalu jadi starter. Nilai transfer Mbappe adalah 180 juta Euro.

3. Joao Felix

Terjadi pada tahun 2019, Joao Felix yang berasal dari Portugal ditebus oleh Atletico Madrid dari Spanyol dengan nilai 126 juta Euro dan menjadi transfer pemain termahal dunia yang ketiga. Klub lama Joao Felix adalah Benfica. Untungnya transfer dengan nilai semahal itu tidak sia-sia karena Joao Felix berprestasi gemilang dalam membela klub yang mendatangkan dia dengan harga mahal. Felix merasa senang karena dia bisa membalas kebaikan klub yang menebus dia dengan harga wah tersebut.

4. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho dianggap sangat berprestasi saat membela klub lamanya Liverpool dalam kurun waktu lima tahun sejak 2013. FC Barcelona rela merogoh kocek hingga mencapai 120 juta euro atau sekitar Rp 2,08 triliun dengan kurs 17.150 untuk mendatangkan gelandang asal Brazil itu setelah menjalani proses negosiasi yang tidak mudah. Tetapi Coutinho dianggap tidak berprestasi bagus di klub barunya dan FC Barcelona siap menjual Coutinho dengan harga yang lebih murah.

5. Antoine Griezmann

Pemain berusia 31 tahun asal Prancis Antoine Griezmann adalah pemegang rekor transfer pemain termahal dunia yang kelima sejauh ini. Antoine Griezman diboyong dari klub lamanya Atletico Madrid ke klub baru, FC Barcelona. Nilai transfernya sama dengan nilai transfer Philippe Coutinho yaitu 120 juta euro, hanya untuk transfer Coutinho ada nilai lebih yang harus dibayarkan. Antoine Griezmann merasa sangat senang bisa membela FC Barcelona. Griezmann menolak dipinang oleh klub lain walau prestasinya di Barcelona belum bersinar. Griezmann menganggap dirinya masing layak untuk membela Barcelona.

Demikianlah data transfer pemain termahal dunia sepanjang masa sampai saat ini. Rupanya mahalnya nilai transfer tidak selalu dibarengi oleh prestasi apik dari pemain di klub baru. Dengan demikian penilaian performa dan kecocokan pemain di klub baru seharusnya bisa juga dijadikan acuan para manajer klub untuk melakukan transfer berikutnya.

About the author: Rena