Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya

posisi pemain sepak bola beserta tugasnya

Pemain sepak bola selalu menjadi idola untuk semua kalangan anak kecil, pemuda, lelaki dewasa, dan para wanita. Sayangnya, beberapa penggemar hanya melihat wajah dan penampilan sang idola saja, tanpa mengenal profesinya dengan baik. Sebelum pembaca mengklaim mengidolakan pemain sepak bola, pahami dulu posisi pemain sepak bola beserta tugasnya.

Peraturan permainan sepakbola tidaklah rumit, jika pembaca mendalami peraturannya. Pemain ditempatkan pada posisi tertentu berdasarkan keputusan pelatih dengan menggunakan berbagai metode, di antaranya AHP dan TOPSIS. Sederhananya, pelatih menentukan posisi berdasarkan pada kapasitas dan kompetensi sang pemain. Berikut adalah posisi pemain sepak bola beserta tugasnya yang perlu diketahui oleh para penggemar:

1. Goal Keeper (Penjaga Gawang/Kiper)

Tugas utama seorang kiper adalah memastikan tidak ada bola yang melewati garis gawangnya. Tugas ini biasa disebut saving.  Tiga tugas goal keeper lainnya antara lain, menjaga area kekuasaannya dari bola yang berbahaya atau memiliki kemungkinan untuk mencetak gol, memberikan bola ke arah pemain lain yang bebas tanpa penjagaan lawan, dan menendang atau melemparkan bola kembali ke luar dari area kekuasaannya.

READ  Kiper Tertinggi di Indonesia, Siapa Saja?

Untuk menempati posisi seorang Kiper, biasanya diutamakan orang dengan postur tubuh yang tegap dan tinggi. Sedangkan, kemampuan lain yang penting adalah kekuatan tendangan atau lemparannya. Hal itu karena seorang penjaga gawang harus mendistribusikan bola kembali ke permainan.

2. Defender (Pemain Pertahanan/Bek)

Nama yang tepat untuk posisi ini adalah defender dalam bahasa Inggris, namun banyak orang terbiasa menyebutnya ‘bek’, yang berasal dari kata back. Apapun itu, fungsi dari pertahanan ini adalah untuk memastikan tidak ada bola yang sampai pada kiper dengan cara pemblokiran bola serangan dari lawan.

Posisi defender tergantung dari strategi pelatih. Pelatih biasanya mempertimbangkan kekuatan dan track record pemain dalam menentukan strategi defender ini. Ada yang menggunakan 4-3-3, 4-4-2, 4-2-3-1, dan lainnya. Liga Besar Eropa terkadang menggunakan strategi 3-bek. 

READ  Pemain Sepak Bola Indonesia yang Muda dan Ganteng

Defender dibagi menjadi 4 posisi, antara lain: tengah, sayap, samping, dan penyapu. Peletakan pemain pada jenis defender yang mana pun, tergantung pada cara pelatih merancang strategi mereka.

3. Midfielder (Gelandang)

Gelandang adalah posisi pemain sepak bola yang memiliki skill ahli. Selain harus menggiring bola ke garis pertahanan lawan, para pemain gelandang harus melihat strategi permainan lawan dan menembusnya. Kemudian, mereka juga harus mengumpankan bola ke penyerang, sehingga dapat terjadi gol.

Pemain gelandang sendiri juga dapat dibagi menjadi 4 posisi, tergantung dari strategi pelatih, antara lain bertahan, tengah, serang, dan sayap. Tugas lain dari para pemain gelandang ini adalah mempertahankan ritme permainan timnya, agar tidak terlalu gegabah dalam melakukan tembakan bola. Pemain harus dengan cerdik membaca kesempatan dan memilih striker yang sedang tidak dijaga.

4. Forward (Penyerang)

Penyerang adalah para pemain yang berada di area gawang tim pemain lawan. Pemain di posisi ini harus memiliki ketepatan tembakan yang akurat, gesit dalam menghindari blokir dari tim bek lawan, dan terkadang juga menjadi pengumpan yang kooperatif. 

READ  Pemain Sepak Bola Terpendek di Indonesia

Setiap ada kesempatan, pemain di posisi forward harus berusaha mencetak kemenangan. Namun kerjasama tim dan permainan ritme harus tetap dijaga agar tidak gegabah. Terkadang gol kemenangan dicetak oleh pemain yang berada di posisi lain, seperti gelandang. Ada 2 macam penyerang, yaitu tengah dan sayap. Keberadaan kedua jenis penyerang dalam formasi, sekali lagi tergantung dari kepiawaian strategi pelatih.

5. Striker (Penyerang)

Sebenarnya forward dan striker adalah posisi yang sama. Tugas keduanya adalah mencetak gol kemenangan. Namun, striker murni hanya bertugas untuk melakukan tembakan serangan, tanpa diijinkan membantu untuk bertahan. Sudah cukup lama strategi ini tidak lagi digunakan oleh para pelatih, mungkin untuk menghindari dominasi pemain dalam tim.

Bagi para penggemar sepak bola, kenali posisi pemain sepak bola beserta tugasnya di atas. Saat pembaca menonton bersama keluarga, pengetahuan singkat ini dapat menghindari kesalahan identifikasi posisi pemain atau untuk menjelaskan kepada penggemar baru.

About the author: Rena

Related Posts