Pemain Sepak Bola Terpendek di Indonesia

pemain sepak bola terpendek

Sebagai bintang olahraga, postur tubuh seorang pemain sepak bola akan menarik perhatian para penggemar sepak bola. Memiliki postur badan yang ideal tentu menjadi impian seluruh pemain sepak bola, tapi pemain sepak bola yang bertubuh pendek juga tidak ada salahnya. Bertubuh pendek bukan berarti kemampuan sepak bolanya tidak bagus. Berikut ini 6 pemain sepak bola terpendek di Indonesia :

1. Andik Vermansah

Nama pemain sepak bola yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar sepak bola Indonesia. Andik Vermansah dikenal sebagai salah satu pemain winger terbaik di Indonesia. Namanya semakin dikenal saat Andik berhasil mengikuti PON ASEAN pada tahun 2008.

Yang menariknya, postur tubuh Andik termasuk kategori pendek dengan tinggi 162 cm. Meskipun memiliki postur tubuh yang pendek, Andik dikenal sebagai pemain sepak bola yang cepak, lincah dan memiliki teknik bermain bola yang sangat baik. Karena kemampuannya Andink Vermansah sempat ditawari beberapa klub sepak bola dari luar negri antara lain Malaysia, Jepang dan Amerika.

READ  Pemain Sepak Bola Indonesia yang Muda dan Ganteng

2. Yohanes Ferinando Pahabol

Pemain sepak bola asal Papua satu ini juga dikenal dengan permainannya yang lincah walaupun memiliki tubuh yang pendek. Dengan tinggi badan 157 cm, Yohanes tetap mampu bermain dengan baik dalam permainan sepak bola. Hal ini terbukti ketika Yohanes semakin dikenal saat dirinya menjadi salah satu anggota U-23 dalam Sea Games 2013 dengan posisi sebagai penyerang.

Hingga saat ini Yohanes masih menekuni kegiatan sepak bola. Saat ini Yohanes telah bergabung kembali dengan klub Persipura Jayapura di kompetisi liga 1 2020 yang sudah dia anggap sebagai rumah sendiri dan ia ingin lebih fokus untuk meningkatkan prestasi klub di kota kelahirannya itu.

3. Todd Rivaldo Ferre

Pemain dengan tinggi badan 158 cm ini juga membuktikan bahwa dengan postur tubuh yang pendek, pemain sepak bola tetap mampu bersinar. Todd Rivaldo Ferre merupakan pemain sepak bola dengan posisi winger. Ia memulai karirnya sebagai atlet futsal. Akan tetapi karena kemampuannya yang baik, ia berhasil dilirik oleh pelatih Persipura dan menjadi anggota tim Mutiara Hitam.

Karir Tod Rivaldo Ferre semakin meningkat ketika dirinya mengikuti liga piala AFF U-199 dan piala AFC U-19 di tahun 2018. Hingga saat ini ia masih setia dengan tim Persipura Jayapura. Ia bahkan sempat tampil dalam liga Internasional, yaitu liga Thailand sebagai pemain pinjaman dalam tim Lampang FC.

READ  Pemain Sepak Bola Indonesia yang Mendunia

4. Riko Simanjuntak

Pemain asal Sumatera Utara ini juga dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terpendek di Indonesia. Walaupun tinggi badan Riko Simanjuntak adalah 158 cm, pemain yang satu ini dikenal sangat lincah dan cepat dalam permainan sepak bolanya. Puncak karirnya berada pada saat ia mengikuti Piala Menpora 2021, ia bahkan dijuluki sebagai Raja Assist karena berhasil mengantongi 4 asisst pada saat itu.

5. Oktovianus Maniani

Nama Oktovianus semakin dikenal saat ia bersama tim sepak bolanya berhasil menaklukkan Malaysia dan Laos dalam laga pembukaan AFF 2010. Meski dengan postur badan yang pendek, yaitu 162 cm, ia sangat dikenal dengan kemampuan bermain sepak bolanya sebagai penyerang sayap yang handal.

Pada tahun 2011, Okto bersama Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih medali perak SEA Games 2011 yang semakin meningkatkan karirnya. Saat ini Okto tengah bergabung bersama Persiba Balikpapan dan bersiap untuk menunjukkan kemampuan sepak bolanya lagi bersama tim sepak bolanya.

READ  Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya

6. Firman Utina

Firman Utina adalah pemain sepak bola yang dikenal meninggalkan karirnya sebagai PNS untuk fokus berkarir di dunia sepak bola. Meskipun dengan tinggi badan 166 cm, ia mampu menunjukkan bahwa kemampuan sepak bolanya sangat baik. Firman dikenal sebagai pemain gelandang serang terbaik di Indonesia.

Hingga saat ini, Firman Utina telah bermain di 67 pertandingan. Ia semakin dikenal setelah membawa nama Indonesia menjadi Runner-up di ajang piala Tiger 2004 dan Piala AFF 2010. Saat ini Firman Utina telah pensiun sebagai pemain sepak bola. Tapi ia tetap mendalami dunia sepak bola dengan membentuk Firman Utina 15 Football Academy untuk membina anak-anak yang ingin mempelajari sepak bola.

Dengan tinggi badan yang dianggap kurang ideal bagi sebagian besar orang, keenam pemain sepak bola ini berhasil menunjukkan kemampuan sepak bola yang sangat baik dan diakui oleh penggemar sepak bola. Oleh karena itu julukan pemain sepak bola terpendek di Indonesia bukanlah halangan bagi para pemain sepak bola, karena yang terpenting adalah kemampuan dan performa baik yang harus selalu ditunjukkan disetiap permainan sepak bola.

About the author: Rena

Related Posts