Julukan Klub Sepak Bola Indonesia

julukan klub sepak bola indonesia

Alam Indonesia memang memiliki keragaman fauna yang tinggi. Mungkin hal inilah yang menginspirasi julukan klub sepak bola Indonesia yang umumnya menggunakan nama hewan. Walaupun tidak semua klub bola Indonesia menggunakan hewan sebagai identitasnya, namun bisa dibilang memberi julukan klub bola dengan nama hewan adalah hal yang cukup umum dilakukan di Indonesia.

Ada berbagai julukan klub sepak bola Indonesia dengan menggunakan nama hewan. Beberapa di antaranya adalah 5 julukan klub sepak bola Indonesia yang akan dibahas di bawah ini beserta dengan makna dari nama julukan tersebut:

1. Madura United – Laskar Sapeh Kerrab

Sapeh adalah penulisan untuk hewan Sapi dalam Bahasa Madura. Julukan Laskar Sapeh Kerrab sendiri diambil dari budaya Karapan Sapi yang telah menjadi tradisi turun temurun di Pulau Madura. Tradisi Karapan Sapi biasanya diadakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta. Budaya ini dimulai pada Abad ke-13 dan dimulai oleh seorang Pangeran bernama Pangeran Katandur dari Sumenep, Madura.

READ  Nama Klub Sepak Bola Terbagus, Apa Saja?

2. Arema FC – Singo Edan

Julukan Singo Edan yang dimiliki Arema FC ditentukan dengan cara yang sangat unik, berbeda dengan Madura United yang mengambil unsur dari budayanya. Hewan singa sendiri sebenarnya berasal dari tahun lahir Arema FC. Arema FC lahir pada shio singa jika menurut kalender Tiongkok.  Sedangkan kata edan yang berarti gila, merujuk pada karakter permainan klub ini yang menggila jika dalam kompetisi.

3. Persib Bandung – Maung Bandung

Maung dalam Bahasa Sunda memiliki arti Harimau. Ada kisah unik dibalik nama julukan Maung Bandung untuk Persib Bandung ini. Ternyata julukan Maung Bandung ini diambil dari sebuah lagu. Lagu yang dimaksud berjudul Jung Maju Maung Bandung karya Kang Ibing yang dirilis pada tahun 2001. Kang Ibing sendiri merupakan seniman Bandung yang sekaligus merupakan pendukung setia Persib Bandung.

READ  Daftar Striker Chelsea Terbaik Sampai Saat Ini

Lagu Jung Maju Maung Bandung ini juga terinspirasi dari salah satu cerita rakyat di Bandung, yaitu kisah Prabu Siliwangi yang merupakan Raja Kerajaan Padjajaran. Konon Prabu Siliwangi memiliki kekuatan untuk menjelma sebagai Harimau buas untuk menghadapi para musuhnya.

4. Persija – Macan Kemayoran

Sama halnya dengan Madura United, julukan Persija sebagai Macan Kemayoran bermula dari sebuah cerita rakyat. Yaitu cerita rakyat tentang Murtado yang lahir di Kemayoran. Pada zaman penjajahan Belanda, Murtado dikenal sebagai seorang pendekar sakti mandraguna yang gagah dan berani. Ia menggunakan kekuatannya untuk melawan penjajah. Karena kegigihannya dalam melawan penjajahan belanda dan kejahatan lainnya, membuat Murtado dijuluki Macan Kemayoran.

READ  Inilah 5 ‌Kiper Manchester United Terbaik

5. Borneo FC – Pesut Etam

Ikan pesut merupakan hewan langka yang hanya hidup di Sungai Mahakam yang berlokasi di Pulau Kalimantan. Karena itu Borneo FC menjadikan ikan pesut sebagai julukan klub. Tidak hanya julukan klub, pada logo klub Borneo FC pun terdapat gambar ikan pesut. Ikan pesut merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Keberadaannya mulai terancam, apalagi lumba-lumba air tawar ini hanya bisa ditemukan di Sungai Mahakam saja.

Itulah 5 julukan klub sepak bola Indonesia yang menggunakan nama hewan. Nama julukan ini tidak hanya untuk lambang atau simbolisasi saja. Namun juga sebagai bentuk penghargaan pada tradisi dan budaya yang ada di daerah masing-masing agar semakin dikenal luas juga. Selain itu simbolisasi dengan nama hewan pada julukan klub sepak bola Indonesia ini bisa menunjukan karakter dan semangat bermain klub sepak bola tersebut dalam bertanding.

About the author: Rena

Related Posts